Salah satu media promosi yang kerap digunakan oleh banyak perusahaan selain banner adalah brosur. Media promosi ini kerap digunakan karena dinilai efektif dalam memperkenalkan suatu produk atau jasa. Namun nyatanya kesuksesan brosur dalam menyampaikan informasi juga ditentukan oleh isi konten serta desain dari brosur itu sendiri. Oleh karena itu sangat penting bagi perusahaan yang ingin menggunakan media promosi ini untuk selalu memperhatikan isi konten serta desain dari brosur sebelum dicetak dan diberikan ke masyarakat luas. Dengan itu calon konsumen Anda akan lebih memahami detail informasi dari produk atau jasa yang ditawarkan. Dan berikut beberapa tips dalam membuat brosur yang keren, informatif serta mudah dipahami oleh konsumen:
Tips Membuat Brosur Agar Menarik
- Pertama Anda dapat menggunakan model baik pria ataupun perempuan pada desain brosur Anda, Pilihlah model yang menarik serta photogenic untuk mendapatkan perhatian dari konsumen Anda. Cara ini telah dilakukan oleh banyak perusahaan besar dari ratusan tahun lalu dan terbukti membawa dampak positif dalam menarik perhatian konsumen. Namun yang perlu diperhatikan Anda harus tetap menonjolkan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
- Kedua, gunakanlah kalimat marketing yang menarik, bombastis dan fantastis seperti kalimat unpredictable, surprising yang mengandung unsur WOW untuk memainkan emosi dari konsumen. Hal ini penting untuk menarik perhatian walaupun hanya sekilas membaca untuk kemudian tertarik membeli atau menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan.
- Ketiga, gunakanlah warna – warna yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu sesuaikan juga dengan target market yang Anda bidik. Hal ini penting karena banyak teori yang mengatakan bahwa penggunaan warna tertentu nyatanya dapat mempengaruhi daya tarik seseorang pada tingkat atau golongan tertentu. Misalnya, jika produk Anda makanan maka gunakanlah warna merah karena warna tersebut akan mempengaruhi seseorang menjadi lapar dan segera membeli produk Anda. Itu mengapa banyak restoran yang menggunakan warna tersebut seperti KFC, Mc Donald, Pizza Hut dll.
- Keempat cantumkanlah harga dengan jelas bila memungkinkan. Selain itu berikanlah gimmick diskon yang fantastis pada brosur tersebut. Buatlah orang yang membaca brosur Anda nantinya akan merasa yakin bila harga yang Anda tawarkan paling murah serta diskon yang Anda tarakan paling besar bila dibandingkan dengan produk atau jasa sejenis. Caranya adalah dengan membuat harga atau diskon tersebut menjadi bagian dalam judul utama.
- Kelima agar brosur kita bisa menciptakan Keinginan (Desire) konsumen, maka Layout keseluruhan harus mampu mengilustrasikan atau menggambarkan keunggulan produk kita dengan baik. Buatlah uraian-uraian (copy) yang menerangkan dengan lebih detail keistimewaan produk yang dijual. Gambar-gambar yang ada di dalam brosur juga harus secara gamblang meng-expose nilai jual / selling point dari produk tersebut.
- Dan terakhir setelah konsumen terpuaskan keingintahuan terhadap produk kita melalui Body Copy yang ada, tentu kita ingin segera menggiring Mereka untuk segera Take Action bukan? Take Action itu bisa berupa langsung menghubungi nomor telepon kita, bisa juga datang langsung ke alamat prusahaan Anda, atau bahkan langsung membeli bila kebetulan kita menyebarkan brosur tersebut pada sebuah Bazar/Pameran.
Itu tadi beberapa tips yang Anda dapat implementasikan untuk membuat brosur Anda menjadi lebih menarik dan mendapatkan perhatian dari banyak orang untuk segera membeli atau menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Bila Anda membutuhkan partner dalam urusan cetak brosur dapat menggunakan jasa kami. Kini urusan cetek brosur menjadi mudah dengan Kakavisual, Percetakan Murah, Advertising & Merchandise.